Kata Tanya (الإستفهام)
2. هَلْ (Hal)
Contoh: هلْ جاءَ صديقُكَ؟ = apakah temanmu telah datang?
dan sebagai jawabannya adalah : نعم atau لا. Oleh karenanya dilarang menyebut Mu’adil, maka jangan mengatakan : هلْ جاءَ صديقُك أمْ عدوُّك؟
Dan dinamakan Murokkab jika dipakai untuk mempertanyakan adanya sesuatu didalam sesuatu.
Contoh: هَلْ تَبِيَضُ العَنْقَاءُ وتُفْرِخُ؟ = apakah burung unqa’ itu bertelur dan menetas? (disebut murokkab sbb mempertanyakan keberadaan burung unqa’ tentang bertelur dan menetas).
وَ أمَا الإستفهام, فَهو طَلَب العلمِ بشيئٍ, وَ أدواتهُ الهمزة و هَلْ و مَا و مَنْ و مَتَى و أيّانَ و كَيْفَ و أَيْنَ و أَنَّى و كَمْ و أَيُّ.
Adapun yang dikatakan الإسْتِفْهَام adalah menuntut pengetahuan tentang sesuatu. Adad istifham (Alat kata tanya) berupa:
|
|
Berikut ini penjelasannya:
1. Hamzah (أ)
فالهمزةُ، لطَلَبِ التصوُّرِ أو التصديقِ.
Hamzah (أ )digunakan untuk menggambarkan :
- Tashowwur (التصوُّرِ) = penggambaran/konsepsi
- Tashdiq (التصديقِ) = pembenara nisbat/konfirmasi
والتصوُّرُ: هوَ إدراكُ المفرَدِ، كقولِكَ: (أعليٌّ مسافرٌ أَمْ خالدٌ؟)، تَعتقِدُ أنَّ السفَرَ حَصَلَ منْ أحدِهما، ولكنْ تَطْلُبُ تعيينَه؛ ولذا يُجابُ بالتعيينِ، فيُقالُ: (عليٌّ)، مَثلًا.
Tashowwur (penggambaran) adalah hal mengetahui mufrad (salah satu dari dua bagian penisbatan).
Seperti perkataan أعليٌّ مسافرٌ أَمْ خالدٌ؟ = Apakah yang pergi itu 'Ali atau Khalid?
Kamu meyakini bahwa penisbatan Safar/perjalanan telah berhasil terjadi pada salah seorang dari keduanya, namun kamu menuntut Ta'yin (penentuan). Oleh karena itu dijawab secara Ta'yin, maka dijawab: "Ali" misalnya.
والتصديقُ: هوَ إدراكُ النِّسبةِ، نحوُ: (أسافَرَ عليٌّ)؟ تَستفْهِمُ عنْ حصولِ السفَرِ وعدَمِه. ولذا يُجابُ بِـنَعَمْ أوْ لَا.
Tashdiq (pembenaran) adalah hal mengetahui nisbat.
Contoh: أَسَافَرَعَلِيٌّ؟ = Apakah ALI PERGI? (menanyakan nisbat/hukum perginya Ali)
Menuntut pengetahuan tentang terjadinya pergi atau tidak, oleh karena itu dijawab نَعَمْ (iya) atau لَا (tidak).
# والمسؤولُ عنه في التصوُّرِ ما يَلِي الهمزةَ، ويكونُ لهُ معادِلٌ يُذْكَرُ بعدَ أَمْ، وتُسَمَّى متَّصِلَةً.
Suatu yang dipertanyakan (dg adat istifham hamzah) dalam hal tashowwur yaitu lafazh yang mengiringi hamzah, kemudian ada lafazh Mu’adil (pertimbangan) yang disebut setelah أَمْ (ataukah) dan dinamakan "am muttashilah".
# فتقولُ في الاستفهامِ عن المسْنَدِ إليه: (أَأَنْتَ فعلْتَ هذا أَمْ يُوسفُ؟)
Contoh dalam istifham tentang musnad ilaih :
apakah kamu yg mengerjakan ini ataukah Yusuf? = أَأَنْتَ فَعَلْتَ هَذَا أَمْ يُوسُفُ؟
# وعن المسْنَدِ: (أَرَاغِبٌ أنتَ عن الأمْرِ أَمْ راغبٌ فيه؟)
Contoh istifham tentang musnad:
أَرَاغِبٌ أنتَ عن الأمْرِ أَمْ راغبٌ فيه؟ = apakah kamu membenci perkara itu, ataukah kamu menyukai-nya?”
# وعن المفعولِ: (أَإِيَّايَ تَقْصِدُ أَمْ خالدًا؟)
Contoh istifham tentang maf’ul:
أَإِيَّايَ تَقْصِدُ أَمْ خالدًا؟ = Apakah kepadaku kamu bermaksud, ataukah kepada Khalid?
# وعن الحالِ: (أراكبًا جئتَ أَمْ ماشيًا؟)
Contoh istifham tentang hal
أرَاكِبًا جِئْتَ أَمْ مَاشِيًا؟ = apakah berkendaraan kamu datang, ataukah jalan kaki?
# وعن الظرْفِ: (أيومَ الخميسِ قَدِمْتَ أَمْ يومَ الجمُعَةِ؟) وهكذا
Contoh istifham untuk zhorof (waktu/tempat)
أَيَوْمَ الخَمِيْسِ قَدِمْتَ أَمْ يَوْمَ الجُمُعَةِ؟ = apakah hari kamis kamu datang, ataukah hari jum'at? Demikian juga untuk ta’alluq2 istifham yg lain. (misal jar-majrur, maf’ul mutlaq, liajlih dan sebaginya disebut dalam kitab yg lebih detil)
# وقدْ لا يُذْكَرُ المعادِلُ، نحوُ: (أَأَنْتَ فَعَلْتَ هَذَا؟)، (أَرَاغِبٌ أنتَ عن الأمْرِ؟)، (أإيَّايَ تَقْصِدُ؟)، (أراكبًا جئتَ؟)، (أيومَ الخميسِ قَدِمْتَ؟)
Terkadang tidak menyebut Mu’adil (tapi tetap disebut Idrok Tashowwur bukan Idrok Tashdik dengan mengira-ngira ada mu’adil sebagaimana contoh tersebut diatas).
Contoh :
أَأَنْتَ فَعَلْتَ هَذَا؟ = apakah kamu yg mengerjakan ini?
أَرَاغِبٌ أنتَ عن الأمْرِ؟ = apakah kamu membenci perkara itu?
أإيَّايَ تَقْصِدُ؟ = apakah kepadaku maksudmu?
أراكبًا جئتَ؟ = apakah berkendara kamu datang?
أيومَ الخميسِ قَدِمْتَ؟ = apakah di hari kamis kamu datang?
# والمسؤولُ عنه في التصديقِ النِّسبةُ. ولا يكونُ لها معادِلٌ، فإنْ جاءتْ (أمْ) بعدَها قُدِّرتْ منْقَطِعَةً، وتكونُ بمعنى (بلْ).
Hal yg ditanyakan di dalam tashdiq yaitu nisbat, dan tidak ada Mu’aadil. Apabila terdapat أمْ (am) setelahnya, maka ditakdir sebagai am munqoti’ah (Am Munfashilah) dan mempunyai arit بَلْ = Bahkan.********************************
2. هَلْ (Hal)
# و (هَلْ) لطلَبِ التصديقِ فقطْ، نحوُ: (هلْ جاءَ صديقُكَ؟) والجوابُ: (نعم) أوْ (لا) ولذا يَمتَنِعُ معها ذِكْرُ المعادِلِ، فلا يُقالُ: (هلْ جاءَ صديقُك أمْ عدوُّك؟).
هَلْ Berfungsi untuk menuntut tashdiq saja. Contoh: هلْ جاءَ صديقُكَ؟ = apakah temanmu telah datang?
dan sebagai jawabannya adalah : نعم atau لا. Oleh karenanya dilarang menyebut Mu’adil, maka jangan mengatakan : هلْ جاءَ صديقُك أمْ عدوُّك؟
# و (هل) تُسمَّى بسيطةً إن استُفْهِمَ بها عنْ وجودِ شيءٍ في نفسِه، نحوُ: (هَلِ العَنْقَاءُ موجودةٌ؟). ومركَّبةً إن استُفْهِمَ بها عنْ وجودِ شيءٍ لشيءٍ، نحوُ: (هلْ تَبِيضُ العَنْقَاءُ وتُفْرِخُ؟)
هَلْ dinamakan Basithah jika dipakai untuk mempertanyakan adanya sesuatu dalam zatnya. Contoh: هَلِ العَنْقَاءُ مَوْجُوْدَةٌ؟ = apakah burung unqa’ itu ada? (burung mitos berkepala dan bersayap seperti garuda dan berbadan seperti singa). Dan dinamakan Murokkab jika dipakai untuk mempertanyakan adanya sesuatu didalam sesuatu.
Contoh: هَلْ تَبِيَضُ العَنْقَاءُ وتُفْرِخُ؟ = apakah burung unqa’ itu bertelur dan menetas? (disebut murokkab sbb mempertanyakan keberadaan burung unqa’ tentang bertelur dan menetas).
********************************
3. مَا (maa)
Contoh: مَا العَسْجَدُ أَوْ اللُّجَيْنُ؟ = apa itu asjad? atau lajain? (asjad=emas, lajain=perak).
Atau mempertanyakan hakikat sesuatu yg diberi nama.
Contoh: مَا الإنْسَانُ؟ Apa itu manusia?
Atau mempertanyakan hal-ihwal lafal yg disebut bersama MAA.
Contoh kamu berkata pada orang yg datang padamu: مَا أَنْتَ؟ = siapa kamu? (jawab: Tamu, atau Utusan Raja).
********************************
********************************
********************************
********************************
********************************
********************************
********************************
********************************
# و(ما) يُطْلَبُ بها شرحُ الاسمِ، نحوَ: ما العَسْجَدُ أو اللُّجَيْنُ؟ أوْ حقيقةُ الْمُسمَّى، نحوُ: (ما الإنسانُ؟) أوْ حالُ المذكورِ معها، كقولِك لقادِمٍ عليك: (مَا أَنْتَ؟)
مَا Digunakan untuk mempertanyakan keterangan/penjelasan suatu nama. Contoh: مَا العَسْجَدُ أَوْ اللُّجَيْنُ؟ = apa itu asjad? atau lajain? (asjad=emas, lajain=perak).
Atau mempertanyakan hakikat sesuatu yg diberi nama.
Contoh: مَا الإنْسَانُ؟ Apa itu manusia?
Atau mempertanyakan hal-ihwal lafal yg disebut bersama MAA.
Contoh kamu berkata pada orang yg datang padamu: مَا أَنْتَ؟ = siapa kamu? (jawab: Tamu, atau Utusan Raja).
********************************
4. مَنْ (man)
# و (مَن) يُطلَبُ بها تَعيينُ العُقلاءِ، كقولِك: (مَنْ فَتَحَ مِصْرَ؟)
مَنْ Menuntut menentukan suatu yang berakal,
Contoh: مَنْ فَتَحَ مِصْرَ؟ Siapa yg menaklukkan Mesir? (jawab: Amr bin ‘Ash)
********************************
5. مَتَى (mata)
# و(مَتَى) يُطْلَبُ بها تَعيينُ الزمانِ، ماضيًا كانَ أوْ مستَقْبلًا، نحوُ: (مَتَى جِئْتَ؟) و(مَتَى تَذْهَبُ؟)
مَتَى Menentukan zaman baik madhi (telah lewat) atau istiqbal (akan datang).
Contoh:
مَتَى جِئْتَ؟ = Kapan kamu datang?
مَتَى تَذْهَبُ؟ = Kapan kamu akan pergi?
6. أيَّانَ (ayyana)
#و(أيَّانَ) يُطْلَبُ بها تَعيينُ الزمانِ المستَقْبَلِ خاصَّةً، وتكونُ في موضِعِ التهويلِ، كقولِه تعالى: {يَسْأَلُ أَيَّانَ يَوْمُ الْقِيَامَةِ؟}
أيَّانَ Menuntut menentukan zaman istiqbal scara khusus, dan digunakan suatu yg luar biasa. Contoh:
Firman Allah: يَسْأَلُ أَيَّانَ يَوْمُ الْقِيَامَةِ؟ = ia bertanya bilakah hari kiamat?
7. كَيْفَ (kaifa)
# و(كَيْفَ) يُطْلَبُ بها تعيينُ الحاِل، نحوُ: (كيفَ أنتَ؟)
كَيْفَ Menuntut menentukan hal keadaan.
Contoh: كيفَ أنتَ؟ = Bagaimana keadaan kamu?
8. أَيْنَ (aina)
# و(أينَ) يُطْلَبُ بها تعيينُ المكانِ، نحوُ: (أينَ تَذْهَبُ؟)
أَيْنَ Menuntut menentukan tempat.
Contoh: أينَ تَذْهَبُ؟ = kemana kamu pergi?
9. أنَّى (anna)
# و(أنَّى) تكونُ بمعنى (كيفَ)، نحوُ: {أَنَّى يُحْيِـي هَـذِهِ اللَّهُ بَعْدَ مَوْتِهَا؟} وبمعنى (مِنْ أينَ)، نحوَ: {يَا مَرْيَمُ أَنَّى لَكِ هَـذَا؟} وبمعنى (متى)، نحوُ: (زِدْ أنَّى شئتَ؟)
- Sama dengan ma’na كَيْفَ. Contoh : أَنَّى يُحْيِـي هَـذِهِ اللَّهُ بَعْدَ مَوْتِهَا؟ = Bagaimana Allah menghidupkan kembali negeri ini setelah hancur?
- Sama dengan ma’na مِنْ أينَ.
Contoh: يَا مَرْيَمُ أَنَّى لَكِ هَـذَا؟ = Hai Maryam dari mana kamu memperoleh (makanan) ini? - Sama dengan ma’na متى.
Contoh: زِدْ أنَّى شئتَ؟ = Tambahkan kapankah kamu suka?.
10. كَمْ (kam)
# و(كمْ) يُطلَبُ بها تَعيينُ عددٍ مبْهَمٍ نحوُ:{كَمْ لَبِثْتُمْ؟}
كَمْ Menuntut untuk menentukan jumlah/hitungan yg samar.
Contoh: كَمْ لَبِثْتُمْ؟ = Berapa lama kalian tinggal?
11. أيُّ (ayyu)
# و(أيُّ) يُطْلَبُ بها تمييزُ أحَدِ المتشاركيْنِ في أمْرٍ يَعمُّهما، نحوُ: {أَيُّ الْفَرِيقَيْنِ خَيْرٌ مَقَامًا؟} ويُسأَلُ بها عن الزمانِ والمكانِ والحالِ والعددِ والعاقلِ وغيرِه، حسَبَ ما تُضَافُ إليه.؟)
أيُّ Menuntut untuk membedakan satu dari dua kemungkinan didalam perkara yg mengumumi pada keduanya.
Contoh: أَيُّ الْفَرِيقَيْنِ خَيْرٌ مَقَامًا؟ = Manakah di antara kedua golongan (kafir dan mukmin) yang lebih baik tempat tinggalnya?
Sumber: nahwusharaf.wordpress.com
Belum ada tanggapan untuk "Kata Tanya | Istifham"
Post a Comment