Sumber Belajar Bahasa Arab


Belajar, banyak faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilannya. Faktor tersebut bisa datang dari dalam diri kita dan juga bisa berasal dari orang lain dan lingkungan sekitar kita. Faktor dari luar diri kita salah satunya adalah sumber belajar, seperti buku, teman, benda-benda sekitar, alat-alat pendukung pembelajajaran dan lain sebagainya. Begitu juga belajar bahasa Arab, ada faktor yang menyebabkan kita mampu memahami bahasa Arab. Sumber belajar sangat berperan penting dalam proses pembelajaran yang kita lakukan atau peserta didik lakukan.

Berbicara tentang sumber belajar bahasa Arab, tidak terlepas dari sumber belajar secara umum. Nah, pada dasarnya, sumber belajar bahasa Arab tidak jauh berbeda dengan sumber belajar secara umum.
Secara umum, Pak Prof. Dr. H. Wina Sanjaya, M.Pd. menuliskan dalam buku Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Sumber belajar berkaitan dengan segala seuatu yang memungkinkan siswa dapat memperoleh pengalaman belajar. Di dalamnya meliputi lingkungan fisik seperti tempat belajar, bahan dan alat yang dapat digunakan, Personal seperti guru, petugas perpustakaan dan ahli media, dan siapa saja yang berpengaruh baik langsung maupun tidak langsung untuk keberhasilan dalam pengalaman belajar. Hal 12
Dari kutipan di atas, saya asumsikan bahwa sumber belajar adalah setiap apa saja yang dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman seseorang terhadap apa yang sedang ia pelajari. Kalau kita bawa kepada sumber belajar bahasa Arab, maka bisa di artikan setiap apa saja yang dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman sesorang terhadap bahasa Arab. Lalu, secara rinci, apa saja sumber belajar bahasa Arab?

Berikut ini sumber-sumber belajar bahasa Arab:

#Orang salah satu sumber belajar bahasa Arab
Yang saya sebutkan pertama sekali adalah orang, sebab orang sangat besar pengaruhnya terhadap proses pembelajaran yang sedang kita lakukan. Dengan mengkomunikasikan apa yang kita pelajari, atau dengan mengajak mereka belajar bersama, itu sangat membantu dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Siapa saja mereka? mereka bisa jadi siapa saja. Secara garis besar mereka (orang) yang dapat dijadikan sumber belajar bahasa Arab adalah:
  • Guru
Tidak dapat dipungkiri lagi, guru adalah sumber belajar No Waid. Guru, adalah sumber belajar yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan belajar bahasa Arab. Guru berperan sebagai mediator, guru berperan sebagai pembimbing, guru sebagai sumber mulia yang menjadi pilihan utama. Bagi kita yang ingin belajar bahasa Arab, mencari guru yang mampu menuntun dan membimbing kita pada pemahaman dan pengetahuan bahasa Arab menjadi sebuah pilihan utama.
  • Teman sebaya
Belajar dengan sebaya lebih membantu kita dalam menguasai bahasa Arab ketimbang sendirian. Apalagi yang kita pelajari adalah muhadatsah (percakapan), yang memerlukan lawan bicara. Tentu jika kita belajar bahasa Arab berdua atau lebih, itu sangat membantu kita dalam mempelajari bahasa Arab, meski terlalu banyak juga tidak begitu efektif. Agar teman menjadi sumber belajar, maka kita harus pandai-pandai memilih teman untuk belajar bahasa Arab bersama.
  • Penutur asli bahasa Arab
Ini menjadi pilihan ketika kita ingin menguasai kemahiran berbicara dan mendengar. Penutur asli Arab, atau orang Arab asli bisa kita jadikan sebagai sumber belajar bahasa Arab. Meski di awal-awal sedikit pusing dengarkan si Arab berbicara, lama kelamaan, kita akan terbiasa. Lihat TKI yang di Arab lebih bisa berbicara bahasa Arab ketimbang mahasiswa semester 10 berbicara bahasa Arab. Walaupun TKI tersebut berbicara tidak dengan kaidah Nahwu Sharaf, akan tetapi mereka lebih lancar dari kita yang hanya berbicara tidak dengan orang Arab.

#Media juga salah satu sumber belajar bahasa Arab
Media juga mempunyai peran penting dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Kita tidak bisa hanya mengandalkan orang tanpa media yang mendukung kita menguasai bahasa Arab. Media bisa berbagai macam jenis dan kegunaannya, tergantung apa yang hendak kita capai dalam pembelajaran bahasa Arab yang kita lakukan. Media-media yang bisa dijadikan sumber belajar bahasa Arab adalah:
  • Buku
Buku diyakini mampu memberi pengetahuan lebih daripada orang, dengan catatan kalau buku tersebut kita baca. Bagi kita yang sulit menemukan guru untuk belajar bahasa Arab, kita bisa belajar otodidak dengan membaca buku. Di sarankan tetap berusaha mencari orang untuk menjelaskan apa yang dibahasa oleh buku.
  • Online
Ada pepatah sekarang, jika anda bisa internetan, maka dunia ada di genggaman anda. Sedihnya, ndak tau internetan positif itu seperti apa. Alhasil, media online tidak menjadi jalan ilmu pengetahuan, malah menjadi momok yang menakutkan generasi esok. Media online seperti blog saya ini bisa dijadikan sumber belajar bahasa Arab dan mengajarkan bahasa Arab (sssst, saya promosi dikit juga tidak apa-apa kan!).
  • Radio
Eits, jangan salah, di era modern hari ini, radio juga punya peran dalam dunia pendidikan, termasuk dalam pembelajaran bahasa Arab. Saya ingat, anak-anak bahasa Arab di kampus ada yang menjadi penyiar radio berbahasa Arab dan membahasa seputar bahasa Arab. Kita yang ingin belajar juga bisa jadikan radio sebagai alternatif sumber belajar bahasa Arab.
  • Televisi
Dunia sekarang sempit, kita bisa dengar orang arab ngomong di ruang tamu kita. Itu juga bisa kita jadikan sumber belajar bahasa Arab. Terutama untuk meningkatkan kemampuan kita menyimak dan mendengar bahasa Arab.
  • Perekam suara
Anda bisa gunakan perekam untuk sesi latihan Anda belajar bahasa Arab.
  • Alat peraga
Sebagai guru, unntuk mengajarkan kosakata bahasa Arab, Alat peraga sangat penting sekali sebagai sumber belajar bahasa Arab untuk peserta didik. Namun bagi kita yang belajar bahasa Arab, kita bisa jadikan benda-benda sekitar kita sebagai bahan untuk sesi latihan. Misalnya, kita nampak dinding, kita langsung sebut Jidarun (dinding), Launuhu Abyadu (Warnanya Putih) dan seterusnya.

Dan banyak lagi media yang dapat kita jadikan sebagai sumber belajar bahasa Arab. Kita dituntut respon terhadap perkembangan media saat sekarang ini.

#Lingkungan punya pengaruh besar sebagai sumber belajar bahasa Arab
Lingkungan, atau dalam bahasa Arab disebut dengan bi'ah. Lingkungan mempunyai pengaruh besar terhadap pembelajaran bahasa Arab yang sedang kita lakukan. Jika kita mampu menciptakan lingkungan berbahasa Arab, maka kita akan menjadi terbiasa dengan bahasa Arab tersebut. Dengan adanya lingkungan bahasa Arab, ilmu-ilmu bahasa Arab bisa kita dapatkan dengan mudah.

Mungkin itu saja sumber-sumber belajar bahasa Arab yang bisa saya paparkan. Penjelasan di atas hanya kulit saja, sebenarnya masing-masing sub pembahasan masih ada penjelasannyanya. Lain kali akan saya coba untuk menuliskannya lagi. Mudah-mudahan saya tidak terjangkit penyakit malas. 

Saya akui, saya masih sedikit ilmu, sehingga kemungkinan masih terdapat kesalahan sana sini. Barangkali kalau ada tambahan, bisa share di komentar. Sukron Katsiron

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Sumber Belajar Bahasa Arab"

  1. Banyak jalan dan cara agar bisa belajar bahasa Arab ya Pak.
    Yang penting selalu kreatif dalam hal belajar, Insya Allah sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, yang terpenting adalah kemauan kita...

      Delete
  2. Lingkungan memang sangat signifikan dalam belajar bahasa arab, kalau kita belajar bahasa arab tp lingkungan gak ada yang menggunakan bahasa arab, bisa2 beberapa mufrodat hilang dari peredaran otak kita :D. Pengalaman sich...

    ReplyDelete