Bersama kesulitan ada kemudahan

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمِ
السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَ بَرَكَاتُهُ

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar.

"Hidup ini sederhana jika kita membuatnya sederhana, dan akan sangat rumit jika kita membuatnya semakin rumit".

Nah? Kenapa saya bisa mengatakan demikian?

Saya berbicara demikian bukan tanpa sebab. Mari kita perhatikan lingkungan kita, atau bahkan diri kita sendiri. Apakah setiap permasalahan yang terjadi dalam hidup kita adalah disebabkan karena orang lain?? Jawabannya adalah, tidaaak. Tetapi masalah itu timbul akibat dari perbuatan kita sendiri. Namun kita terlanjur suka menyalahkan orang lain tanpa mengintropeksi diri sendiri. Dan sedihnya saya sendiri terkadang masih melakukan hal itu. Menyalahkan dan terus menyalakan orang lain.

Atau. Apakah setiap beban yang ada dipundak kita adalah beban dari orang lain? jawabannya adalah tidak. Karena kita sendirilah yang mau memikulnya.

Silahkan, kita bisa membuang segala permasalahan yang ada pada diri kita dengan segera menyelesaikannya secara tuntas atau memilihnya berlarut-larut hingga hidup kita menjadi rumit. Silahkan angkat segala beban yang ada di pundak kita dengan cara bersahabat, bersosial dan bermasyarakat. Maka akan terasa ringan jika kita mendapat bantuan untuk mengangkatnya, atau kita memilih tetap sendiri menutup diri sehingga menjadi rumitlah hidup kita.  

So..! saya akan berikan kalimat motivasi pada anda, pada saya, pada kita semua. Kalimat ini bukanlah yang asing untuk kita. Tapi kebanyakan manusia lebih memilih kalimat populer lainnya. Kalimat itu adalah.

فَإِنَّ مَعَ العُسْرِ يُسْرًا, إِنَّ مَعَ العُسْرِ يُسْرًا 
"Maka sungguh, bersama kesulitan ada kemudahan. Sungguh bersama kesulitan ada kemudahan."

Iya, kalimat tersebut motivasi dari Allah terdapat dalam Al-Qur'an surat Al-Insyirah ayat yang ke-5 dan ke-6. Kalau kita yakin dengan kalimat motivasi tersebut, maka tak ada alasan untuk berputus asa. 

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Bersama kesulitan ada kemudahan"