Perjalanan ke Mekah dan Madinah Harusnya Menjadi Ritual Suci Sederhana, Tetapi Telah Berubah Menjadi Sebuah Pengalaman yang Lebih Dekat ke Las Vegas

(www.akarabo.com) Hotel Abraj Kudai 
Mekah, yang notabene adalah tempat peribadatan umat islam, salah satu situs sejarah perkembangan umat islam dan merupakan magnet penduduk dunia untuk mengunjunginya sekarang juga telah menjadi kota yang serba wah.

Melalui situs berita Dream.co.id dituliskan bahwa Kota suci Mekah sebentar lagi bakal memiliki sebuah hotel yang diklaim sebagai tertinggi di dunia. Hotel yang di rencanakan akan terwujud 2017 mendatang itu menjulang 45 lantai dan akan memanjakan tamunya dengan fasilitas mewah.

Mengambil nama Abraj Kudai, hotel ini memiliki 10 ribu kamar tidur dan 70 restoran. Lima lantai teratas disiapkan khusus bagi keluarga kerajaan. Dengan biaya pembangunan mencapai 2,3 miliar poud sterling, Abraj kudai akan menjadi bintang paling terang di langit Mekah.

Desain hotel ini meniru benteng padang pasir tradisional dengan 12 menara yang berdiri kokoh di atas podium 10 lantai, yang difungsikan sebagai stasiun bus, pusat perbelanjaan, food court, pusat konferensi dan ruang serbaguna.

Terletajk di distrik Manafia, lebih dari satu mil selatan dari Masjidil Haram, komplek ini didanai oleh Departemen Keuangan Saudi dan dirancang oleh grup Dar Al-Handasah, konglomerat kontruksi global, yang sebelumnya telah merancang kota di Kazakhstan hingga bandara di Dubai.

Proyek hotel mewah nan megah lengkap dengan empat helipadnya ini tak selamanya membuat penduduk kota suci bersorak. Irfan Al-Alawi, direktus Islamic Heritage Research Fondation yang berbasis di Inggris, menyayangkan Mekah yang seharusnya suci dari kemegahan dan kemewahan duniawi. Yayasan yang dipimpin oleh Al-Alwi bekerja untuk menyelamatkan warisan sejarah yang tersisa di kota suci Arab Saudi.

(megaconstruccines.net) : Abraj Al-Bait
"Kota Mekah ini berubah menjadi Meka-Hattan," kata Irfan Al-Alwi, mengacu pada kota Manhattan di Amerika Serikat. "Semuanya telah tersapu untuk membuat jalan bagi gencarnya pembangunan hotel mewah, yang menghancurkan kesucian tempat dan membuat ongkos perjalanan suci semakin mahal."

Masjidil haram sekarang tenggelam oleh bangunan tertinggi kedua di dunia, menara jam Abraj Al-Bait, sebuah hotel yang sangat mewah dengan ribuan kamar bertarif 4.000 poundsterling per malam untuk suit dengan pemandangan Ka'bah. Hotel yang menjulang hingga 600 meter ke udara ini dibangun dibekas benteng Ottoman kuno.

Daftar kejahatan terhadap warisan negara ini didorong oleh pemahaman negara tersebut yang memandang situs sejarah sebagai penyebab penyembahan berhala. Sementara itu, si Mekah dan Madinah, apapun yang berkaitan dengan warisan Nabi Muhammad bisa masuk kedalam daftar penggusuran. Rumah Khadijah, istri pertama Nabi, dihancurkan untuk membuat jalan bagi kamar mandi umum; rumah sahabat Nabi, Abu Bakar sekarang berubah menjadi hotel Hilton; rumah cucunya diratakan untuk istana raja. Beberapa situs lainnya sekarang berdiri sebuah toko milik Paris Hilton dan Satrbucks.

"Ini adalah akhir Mekah," kata Al-Alawi. "Perjalanan ke Mekah dan Madinah seharusnya menjadi ritual suci sederhana, tetapi telah berubah menjadi sebuah pengalaman yang lebih dekat ke Las Vegas, yang sebagian besar peziarah tidak mampu membiayainya."

Sementara itu, Masjidil Haram mengalami perluasan hingga dua kali lipat, yang saat ini menampung 3 juta jamaah menjadi 7 juta pada tahun 2040. Sayangnya perluasan itu akan membuat jama'ah semakin jauh dari Ka'bah.

"Ini seperti terminal bandara," nkata al-Alawi. "Jama'ah akan shalat ke arah yang salah karena mereka tidak tau di mana mesjidnya. Ini akan menjadi bahan lelucon di tempat ini."

Seperti itulah kondisi di Mekah nantinya, akan tenggelam dengan gedung-gedung pencakar langit yang serba mewah. Bagaimana menurut anda jika ini terus terjadi dan terjadi?.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Perjalanan ke Mekah dan Madinah Harusnya Menjadi Ritual Suci Sederhana, Tetapi Telah Berubah Menjadi Sebuah Pengalaman yang Lebih Dekat ke Las Vegas"

  1. Replies
    1. Ane angkat tangan di om Ahmad Saadillah... ane masih mikirin biaya nikah duluni om.. hehe..

      Delete