Edukasi Perlindungan Lahan Gambut

Gambar 1; Ilustrasi Lahan Gambut
Asap yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia sebagian besar berasal dari kebakaran hutan lahan gambut. Kebetulan saat ini saya tinggal di sekeliling lahan gambut. Beberapa titik api penyebab asap didaerah kami bahkan menjalar ke daerah lain itu berasal dari daerah sekitaran tempat tinggal saya saat ini. Tak tanggung-tanggung, lahan gambut yang terbakar didasarnya itu hanya berjarak kurang dari 50 meter dari jalan lintas pinggiran kota Pekanbaru.

Menurut informasi yang saya dapat dari beberapa warga sekitar, api terbenam dikedalaman kurang lebih tiga meter. Nah, coba bayangkan, sampah kalau sudah menumpuk, lalu kita bakar di bagian paling bawahnya. Kira-kira apa yang terjadi?? Benar, sekali, asap yang menyebul. Itu baru di tumpukan sampah yang berdiameter kecil dan mempunyai kedalaman yang rendah.  Nah, coba bayangkan jika itu yang terjadi pada puluhan, ratusan, bahkan ribuan hektar lahan gambut dengan kedalaman kurang lebih 3 meter!.. Apa yang terjadi... Saya sudah merasakan kejadiannya..

Nah, sebenarnya seperti apa sih lahan gambut itu?

Sejatinya, menurut situs www.ifacs.or.id gambut adalah jenis tanah yang istimewah: letaknya sangat dalam, mengandung banyak serasah (sisa-sisa tanaman mati), dan sebagian besar terdiri dari Air. Jadi kita sudah bisa bayangkan, bahwa tanah gambut itu adalah tumpukan sampah pepohan (ranting, dahan, btang dan lainnya) yang terbentuk dari waktu kewaktu hingga ribuan tahun lamanya. Maka wajar jika kedalamannya terbilang ekstrim.

Lalu, seberapa penting sih lahan gambut itu?
Coba kita simak video berikut ini!



Kenapa lahan gambut harus kita lindungi?

Intinya, seperti yang dijelaskan dalam situs www.ifacs.or.id bahwa gambut itu penting, karena:

  1. Gambut menyimpan banyak karbon jika dibandingkan dengan hutan atau jenis tanah lainnya. Menjaga lahan gambut yang sehat dan utuh sangat penting untuk upaya mitigasi perubahan iklim
  2. Saat hujan, gambut menyimpan banyak air. Di musim kemarau, tanah gambut melepaskan air secara perlahan-lahan untuk menyediakan pasokan air.
  3. Ketika hujan turun dengan intensitas tinggi, gambut akan menyerap sebagian besar air sehingga banjir tidak lebih buruk.
  4. Air dilahan gambut menjadi tempat tinggal ikan, ikan penting sebagai sumber makanan dan pendapatan.
  5. Hutan gambut menyediakan rumah bagi hewan
Bagaimana? Penting kan melindungi lahan gambut?...

Lalu bagaimana cara melindungi lahan gambut?

Dapat kita simpulkan dari penjelasan video di atas. Untuk kita sebagai rakyat yang hidup disekitar lahan gambut, apa yang bisa kita lakukan terhadap lahan gambut?

  1. Jika lahan gambut masih original alias masih hutan subur. Biarkan lahan gambut tetap dalam keadaan subur. Cari tanah lain, jika anda ingin membuka lahan perkebunan.
  2. Jika ada lahan gambut yang dalam keadaan gersang, segera tanami lahan gambut dengan tanaman yang sesuai. Hindarkan lahan gambut dari kebakaran, misalnya dengan cara memberi papan peringatan di lahan gambut "MUDAH TERBAKAR, JANGAN BUANG PUNTUK ROKOK DISINI" dan peringatan lainnya.
  3. Sadarlah, anda tidak hidup sendiri dan perbuatan anda punya dampak untuk orang lain.


Quote
Gambar 1. Saya ambil via gsc.geo.ugm.ac.id sebagai ilustrasi lahan gambut. Soalnya hape saya ndak ada cameranya. jadi ndak bisa ambil gambar sendiri.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Edukasi Perlindungan Lahan Gambut"

  1. Edukasi yang sangat bagus pak.. Yang begini ini yang saya sebut layak untuk disebarluaskan. Terutama ketika berbicara soal lahan gambut yang sudah luar biasa rusak di Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih dukungannya Mas... Mudah-mudahan masyarakat secara umum dapat mengambil pelajaran dari apa yang telah terjadi...

      Delete