Metodologi Pembelajaran Aahasa Arab adalah buku yang berisi tentang metode-metode atau cara-cara mengajarkan bahasa Arab kepada peserta didik atau orang yang belajar bahasa Arab. Buku ini bisa anda jadikan sebagai referensi anda dalam mengajarkan bahasa Arab ataupun bagi mahasiswa yang berada di jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA), buku ini cocok untuk dijadikan sebagai referensi menyelesaikan tugas-tugas kulyah yang berhubungan dengan Metode Pembelajaran Bahasa Arab.
Buku ini tidak memiliki banyak gambar. Yah, anda tau sendiri, karena buku ini memang didesain untuk tingkat mahasiswa yang dituntut untuk tidak memilih-milih buku seperti anak-anak yang senang membaca buku yang banyak gambarnya. Beda dengan mahasiswa, mahasiswa harus mampu membaca buku meskipun buku itu kelihatan membosankan untuk dibaca. Bukan berarti saya mengatakan buku Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab yang ditulis oleh Acep Hermawan membosankan. Malah buku ini kelihatan lebih spesifik dan tanpa berbelit-belit. Anda bisa membacanya disaat anda sangat memerlukan variasi metode dalam mengajarkan bahasa Arab.
DAFTAR ISI
PENGANTAR PROF. A. CHAEDAR ALWASILAH, MA., Ph.D.
PENGANTAR PENULIS
DAFTAR ISI
BAB 1. PENDAHULUAN
BAB 2. BAHASA
BAB 3. BELAJAR BAHASA ASING
BAB 4. BAHASA ARAB SEBAGAI BAHAS ASING
BAB 6. SISTEM KESATUAN, CABANG DAN GABUNGAN
BAB 7. KETRAMPILAN BERBAHASA ARAB
BAB 8. RAGAM METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
BAB 9. INOVASI METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
BAB 10. TEKNOLOGI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
BAB 11. PEMANFAATAN KAMUS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
BAB 12. NSTRATEGI KONSTRUKSI TES DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
DAFTAR PUSTAKA
INDEKS
TENTANG PENULIS
Buku ini tidak memiliki banyak gambar. Yah, anda tau sendiri, karena buku ini memang didesain untuk tingkat mahasiswa yang dituntut untuk tidak memilih-milih buku seperti anak-anak yang senang membaca buku yang banyak gambarnya. Beda dengan mahasiswa, mahasiswa harus mampu membaca buku meskipun buku itu kelihatan membosankan untuk dibaca. Bukan berarti saya mengatakan buku Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab yang ditulis oleh Acep Hermawan membosankan. Malah buku ini kelihatan lebih spesifik dan tanpa berbelit-belit. Anda bisa membacanya disaat anda sangat memerlukan variasi metode dalam mengajarkan bahasa Arab.
Judul | : | Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab | |
Penulis | : | Acep Hermawan | |
Penerbit | : | Rosda | |
ISBN | : | 978-979-692-017-4 | |
Cetakan Ke | : | 2 | |
Tahun Terbit | : | 2011 | |
Ukuran | : | 15x24 cm | |
Tebal | : | 302 halaman | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
DAFTAR ISI
PENGANTAR PROF. A. CHAEDAR ALWASILAH, MA., Ph.D.
PENGANTAR PENULIS
DAFTAR ISI
BAB 1. PENDAHULUAN
BAB 2. BAHASA
Hakikat Bahasa
Asal-usul bahasa
Fungsi bahasa
Faktor-faktor perkembangan bahasa
Asal-usul bahasa
Fungsi bahasa
Faktor-faktor perkembangan bahasa
BAB 3. BELAJAR BAHASA ASING
Pengertian belajar dan pemerolehan bahasa
Pengertian dan prinsip pembelajaran bahasa asing
Pembelajaran bahasa asing dalam sejarah
Hipotesis belajar bahasa asing
Pandangan skinner dan chomsky
Pengertian dan prinsip pembelajaran bahasa asing
Pembelajaran bahasa asing dalam sejarah
Hipotesis belajar bahasa asing
Pandangan skinner dan chomsky
BAB 4. BAHASA ARAB SEBAGAI BAHAS ASING
Pengertian bahasa asing
Karakteristik bahasa arab
Dualisme bahasa arab (fushha dan ‘Amiyah)
Bahasa Arab di dalam dan di luar motif agama
Karakteristik bahasa arab
Dualisme bahasa arab (fushha dan ‘Amiyah)
Bahasa Arab di dalam dan di luar motif agama
BAB 5. EKSISTENSI PENDIDIKAN BAHASA ARAB DAN PROBLEMATIKA PEMBELAJARANNYA
Realitas dan orientasi
Tantangan pendidikan bahasa Arab
Prospek pendidikan bahasa Arab
Problematika pembelajaran bahasa Arab
Tantangan pendidikan bahasa Arab
Prospek pendidikan bahasa Arab
Problematika pembelajaran bahasa Arab
BAB 6. SISTEM KESATUAN, CABANG DAN GABUNGAN
Sistem Kesatuan
Sistem Cabang
Sistem Gabungan
Sistem Cabang
Sistem Gabungan
BAB 7. KETRAMPILAN BERBAHASA ARAB
Ketrampilan menyimak
Ketrampilan berbicara
Ketrampilan membaca
Ketrampilan menulis
Ketrampilan berbicara
Ketrampilan membaca
Ketrampilan menulis
BAB 8. RAGAM METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Pendekatan, metode dan teknik
Metode kaidah dan terjemah
Metode langsung
Metode Audiolingual
Metode membaca
Metode membaca
Metode gabungan
Metode kaidah dan terjemah
Metode langsung
Metode Audiolingual
Metode membaca
Metode membaca
Metode gabungan
BAB 9. INOVASI METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Silent Way
Counseling Learning Method
Suggestopedia
Metode Herbart
Counseling Learning Method
Suggestopedia
Metode Herbart
BAB 10. TEKNOLOGI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Pengertian Teknologi media
Urgensi teknologi media dalam pembelajaran bahasa Arab
Ragam media pembelajaran bahasa Arab
Pemanfaatan teknologi media Audio
Pemanfaatan teknologi media visual
Pemanfaatan teknologi media audio-visual
Urgensi teknologi media dalam pembelajaran bahasa Arab
Ragam media pembelajaran bahasa Arab
Pemanfaatan teknologi media Audio
Pemanfaatan teknologi media visual
Pemanfaatan teknologi media audio-visual
BAB 11. PEMANFAATAN KAMUS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Pengertian kamus
- Macam-macam kamus
- Komposisi kamus
Kedudukan dan Fungsi kamus dalam pembelajaran bahasa arab
Kiat menggunakan kamus arab
- Macam-macam kamus
- Komposisi kamus
Kedudukan dan Fungsi kamus dalam pembelajaran bahasa arab
Kiat menggunakan kamus arab
BAB 12. NSTRATEGI KONSTRUKSI TES DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Pendahuluan
Validitas dan reliabilitas tes
Pengembangan tes
Pengembangan tes dalam pembelajaran bahasa Arab
Validitas dan reliabilitas tes
Pengembangan tes
Pengembangan tes dalam pembelajaran bahasa Arab
DAFTAR PUSTAKA
INDEKS
TENTANG PENULIS
Belum ada tanggapan untuk "Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab #Daftar Isi Buku"
Post a Comment