Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab #Daftar Isi Buku

        Metodologi Pembelajaran Aahasa Arab adalah buku yang berisi tentang metode-metode atau cara-cara mengajarkan bahasa Arab kepada peserta didik atau orang yang belajar bahasa Arab. Buku ini bisa anda jadikan sebagai referensi anda dalam mengajarkan bahasa Arab ataupun bagi mahasiswa yang berada di jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA), buku ini cocok untuk dijadikan sebagai referensi menyelesaikan tugas-tugas kulyah yang berhubungan dengan Metode Pembelajaran Bahasa Arab.
        Buku ini tidak memiliki banyak gambar. Yah, anda tau sendiri, karena buku ini memang didesain untuk tingkat mahasiswa yang dituntut untuk tidak memilih-milih buku seperti anak-anak yang senang membaca buku yang banyak gambarnya. Beda dengan mahasiswa, mahasiswa harus mampu membaca buku meskipun buku itu kelihatan membosankan untuk dibaca. Bukan berarti saya mengatakan buku Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab yang ditulis oleh Acep Hermawan membosankan. Malah buku ini kelihatan lebih spesifik dan tanpa berbelit-belit. Anda bisa membacanya disaat anda sangat memerlukan variasi metode dalam mengajarkan bahasa Arab.


Judul
:Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab
Penulis:Acep Hermawan
Penerbit:Rosda
ISBN:978-979-692-017-4
Cetakan Ke:2
Tahun Terbit:2011
Ukuran:15x24 cm
Tebal:302 halaman
Kertas Isi:HVS
Cover:Soft



DAFTAR ISI

PENGANTAR PROF. A. CHAEDAR ALWASILAH, MA., Ph.D.

PENGANTAR PENULIS

DAFTAR ISI

BAB 1. PENDAHULUAN

BAB 2. BAHASA
Hakikat Bahasa
Asal-usul bahasa
Fungsi bahasa
Faktor-faktor perkembangan bahasa

BAB 3. BELAJAR BAHASA ASING
Pengertian belajar dan pemerolehan bahasa
Pengertian dan prinsip pembelajaran bahasa asing
Pembelajaran bahasa asing dalam sejarah
Hipotesis belajar bahasa asing
Pandangan skinner dan chomsky

BAB 4. BAHASA ARAB SEBAGAI BAHAS ASING
Pengertian bahasa asing
Karakteristik bahasa arab
Dualisme bahasa arab (fushha dan ‘Amiyah)
Bahasa Arab di dalam dan di luar motif agama

BAB 5. EKSISTENSI PENDIDIKAN BAHASA ARAB DAN PROBLEMATIKA PEMBELAJARANNYA
Realitas dan orientasi
Tantangan pendidikan bahasa Arab
Prospek pendidikan bahasa Arab
Problematika pembelajaran bahasa Arab

BAB 6. SISTEM KESATUAN, CABANG DAN GABUNGAN 
Sistem Kesatuan
Sistem Cabang
Sistem Gabungan

BAB 7. KETRAMPILAN BERBAHASA ARAB
Ketrampilan menyimak
Ketrampilan berbicara
Ketrampilan membaca
Ketrampilan menulis

BAB 8. RAGAM METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Pendekatan, metode dan teknik
Metode kaidah dan terjemah
Metode langsung
Metode Audiolingual
Metode membaca
Metode membaca
Metode gabungan

BAB 9. INOVASI METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Silent Way
Counseling Learning Method
Suggestopedia
Metode Herbart

BAB 10. TEKNOLOGI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Pengertian Teknologi media
Urgensi teknologi media dalam pembelajaran bahasa Arab
Ragam media pembelajaran bahasa Arab
Pemanfaatan teknologi media Audio
Pemanfaatan teknologi media visual
Pemanfaatan teknologi media audio-visual

BAB 11. PEMANFAATAN KAMUS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Pengertian kamus
- Macam-macam kamus
- Komposisi kamus
Kedudukan dan Fungsi kamus dalam pembelajaran bahasa arab
Kiat menggunakan kamus arab

BAB 12. NSTRATEGI KONSTRUKSI TES DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Pendahuluan
Validitas dan reliabilitas tes
Pengembangan tes
Pengembangan tes dalam pembelajaran bahasa Arab

DAFTAR PUSTAKA

INDEKS

TENTANG PENULIS

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab #Daftar Isi Buku"

Post a Comment