![]() |
Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Penulis: Ahmad Izzan |
Judul :Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab
Penulis :Ahmad Izzan
Penerbit :Humaniora, Bandung
Tahun :2011
Ukuran :15x23
Tebal :222 halaman
ISBN :979-778-083-x
Deskripsi
Buku Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab adalah buku yang berisikan tentang cara atau langkah-langkah mengajarkan ilmu bahasa Arab. Dalam buku ini anda akan mendapatkan iformasi tentang metode apa yang harusnya anda lakukan dalam mengajar bahasa Arab dengan kondisi tertentu dan level tertentu. Berikut gambaran lebih lanjut buku Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab.
Daftar Isi
Pengantar Penerbit
Pengantar Penulis
Isi Buku
BAB 1. BAHASA DAN SEJARAH PERKEMBANGANNYA
Pengertian Bahasa
Fungsi Bahasa
Dinamika dalam Berbahasa
- Faktor sosial
- Faktor Kebudayaan (Kultular)
- Faktor Agama
- Faktor Politik
BAB 2. PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN BAHASA ARAB
Rumpun Bahasa
Pertumbuhan Bahasa Arab
Perkembangan Bahasa Arab
- Bahasa Arab Standar sesudah Kedatangan Islam
- Perkembangan Bahasa Arab pada Zaman Bani Umayyah
- Perkembangan Bahasa Arab pada Zaman Bani Abbasiyah
- Perkembangan Bahasa Arab sesudah Abad Lima Hijriah
- Perkembangan Bahasa Arab Zaman Baru
BAB 3. PERANAN BAHASA ARAB
Peranan Bahasa Arab dalam Agama
Peranan Bahasa Arab dalam Ilmu Pengetahuan
Peranan Bahasa Arab dalam Hubungan Internasional
Peranan Bahasa Arab dalam Kebudayaan Nasional
BAB 4. PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Problematika Pembelajaran Bahasa Arab
Problematika Linguistik
- Tata bunyi
- Kosakata
- Tata Kalimat
- Tulisan
Problematika Nonlinguistik
BAB 5. METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Pengertian Metodologi
Pengembangan Kemampuan Bahasa
Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab
Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab
Pendekatan Pemebelajaran Bahasa Arab
- Bahasa sebagai seistem
- Pendekatan all-in-one-system
- Pendekatan aural-Oral
Metode-metode Pembelajaran Bahasa Arab
- Metode Langsung
- Metode Berlitz
- Metode Alami
- Mtode Percakapan
- Metode Phonetik
- Metode Praktik Teori
- Metode Membaca
- Metode Bicara Lisan
- Metode Praktik Pola-pola Kalimat
- Metode Dikte/Imla'
- Metode Translasi/Terjemahan
- Metode Gramatika Terjemah
- Metode Unit
- Metode Mim-Mem
- Metode Gramatika
- Metode Psikologi
- Metode Bahasa Dengar
- Metode Memperhatikan Situasi
- Metode Membentuk Klimat-kalimat Baru
- Metode Dasar-dasar Bahasa
- Metode Dwi Bahasa
- Metode Persamaan Kata-kata
- Metode Pengontrolan Bahasa
- Metode Campuran
Metode Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia
BAB 6. TEKNIK PEMBELAJRAN BAHASA ARAB
Al-Muhadatsah (Bercakap-cakap)
Al-Muthala'ah (Membaca)
Membetulkan Kesalahan dalam Membaca
Al-Imla' (Dikte)
Al-Insya' (Mengarang)
Al-Mahfudzat (Hapalan)
Al-Qawaid (Tata Bahasa)
Al-Balaghah (Gaya Bahasa)
BAB 7. TEKNIK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB
Ketrampilan menyimak
Ketrampilan berbicara
Model Latihan Lisan
- Model dialog
- Pola kalimat
- Look-and-say exercise
- Oral Compotition
- Teknik Penilaian
Keterampilan Membaca
- Simbol tertulis
- Cara penilaian
Keterampilan menulis
- Kemahiran membentuk Alfabet
- Kemahiran mengeja
- Kemahiran mengarang
- Cara penilaian
BAB 8. TEKNIK MENGGUNAKAN AUDIO VISUAL
Perkembangan Audio Visual
Teknik Penggunaan Audio
- Laboraturium Bahasa
- Radio
- Tape Racorder
Teknik Penggunaan Media Visual
- Gambar
- Flash Card
- Flannel Board
Pendukung Pembelajaran Bahasa Arab
- Fasilitas Fisik
- Fasilitas Nonfisik
BAB 9. TEKNIK PENERJEMAHAN
Pendekatan Terjemah
- Teknis Penerjemahan
- Cara Penyampaian
Teks yang diterjemahkan
Terjemah dan Penerjemah
Proses dan Problematika Penerjemahan
BAB 10. TEKNIK MEMBUKA KAMUS
Hakekat Kamus
Ragam Sususnan Kamus
Kamus dan Eksiklopedia
Bentuk dan Susunan Kamus
Kiat Menggunakan Kamus
BAB 11. REFERENSI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
DAFTAR PUSTAKA
Belum ada tanggapan untuk "Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab #Daftar Isi Buku"
Post a Comment