Program Anti Bully Ala Sekolah di Norwegia

Anti Bully
Bully masih kerap terjadi, meski kebanyakan terjadi pada lingkungan sekolah, namun tidak menutup kemungkinan, hal kurang menyenangkan seperti bully juga terjadi di lingkungan luar lingkungan sekolah. Beberapa bulan lalu menyebar video kekerasan terhadap teman di sekolah. Tidak tanggung-tanggung, bahkan sampai menghembuskan nafas terakhir.

Mengambil pelajaran dari hal tersebut, kita semua (khususnya peserta didik dan lingkungan sekolah) harus lebih antisipasi agar tidak terjadi hal serupa bahkan di tahun yang sama. Salah satu upaya penetralisir kejadian-kejadian tersebut adalah dengan menerapkan program-program tertentu yang dirasa cukup aman untuk dilaksanakan, seperti beberapa program anti bully ala Norwegia berikut ini.

Anti Bully Ala Sekolah di Norwegia

Vannebenk
Sumber: Icha Islampos.com
Vannebenk
Di Norwegia, banyak Sekolah yang menyediakan bangku bertuliskan "Vannebenk" yang artinya "Bangku Persahabatan". Bangku tersebut terletak dilapangan atau halaman sekolah.

Cara pemanfaatan bangku tersebut sederhana, setiap siswa (mulai dari kelas 1 sampai 7 SD) yang merasa sendirian tak ada teman bermain atau bicara saat istirahat tiba bisa duduk di Vannebenk. Kemudian teman-teman dari kelas berapapun, yang mellihat ada teman duduk sendirian akan mendatanginya dan menawarkan apakah siteman mau bermain dengannya, atau sekedar mengobrol saja. Intinya, agar si anak tadi tidak merasa sendirian lagi.

Faddertime atau Buddy Session
Selain itu, masih disekolah Norwegia, di sana ada jam pelajaran yang disebut dengan Faddertime atau Buddy Session, yaitu jam pelajaran di mana anak-anak kelas satu akan diajak bermain dan berkreasi oleh dua anak kelas enam dari sekolah yang sama. Sesei ini berlangsung selama satu tahun. (Sumber: https://www.islampos.com/surga-bernama-sekolah-139720/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Program Anti Bully Ala Sekolah di Norwegia"

Post a Comment