Tips dan Triks Belajar Bahasa Arab

Mau mempelajari bahasa Arab adalah hal luar biasa. Sebab, bahasa Arab bukan bahasa GAUL yang ngetrend di kalangan masyarakat keuali di masyarakat Arab. Perlu adanya motivasi kuat untuk dapat menjalani proses belajar bahasa Arab. Untuk itu, bagi kita yang mau mengambil langkah untuk mempelajari bahasa Arab, ada tips dan triks belajar bahasa Arab agar proses belajar bahasa Arab menjadi efektif dan efisien dan tidak banyak menimbulkan kebosanan. Karena bosan dalam mempelajari sesuatu itu pasti ada, namun bagaimana kita mengurangi kuantitas kebosanan tersebut.

Langsung saja, tidak banyak basa basi, Berikut ini Tips dan Trik Belajar Bahasa Arab:

#Tentukan tujuan belajar bahasa Arab
Kita ingin belajar bahasa Arab, tapi tidak punya tujuan kenapa belajar bahasa Arab! Itu sama saja dengan Kita pergi ke pasar tanpa tau apa yang ingin dibeli, dan hasilnya kita capek keliling sana sini di pasar tapi tidak membawa pulang belanjaan. Walaupun tanpa tujuan beli apa di pasar, kita sudah tau di mana posisi pedagang ikan, kita tau di mana posisi pedagang pakaian, pedagang beras dan sebagainya. Tapi, prosesnya tidak menjadi efektif juga tidak efisien, kita tidak membawa hasil yang jelas, yaitu belanjaan.

Begitu juga dengan belajar bahasa Arab tanpa tujuan, kita akan tau si fulan ahli nahwu, fulan ahli sharaf, fulan ahli kubur, tanpa kita mendapat hasil yang real dari belajar bahasa Arab semisal kita Ahli Nahwu Sharaf, atau Ahli dalam Berbicara bahasa Arab, atau Ahli kubur. (Ahli kubur hanya selingan aja, jangan dibawa serius).

Maka, jika kita ingin belajar bahasa Arab, tentukan dari awal, apa yang hendak kita capai dalam bahasa Arab. Tentukan tujuan belajar bahasa Arab dengan menjawab pertanyaan "Kenapa Anda belajar bahasa Arab?" untuk mendapat tujuan akhir, dan "Apa yang ingin anda pelajari dari bahasa Arab?" untuk menjawab tujuan belajar agar tujuan akhir tercapai.

Misal, kenapa anda belajar bahasa Arab, jawabannya "agar saya bisa menterjemahkan Al-Qur'an". Apa yang ingin anda pelajari dari bahasa Arab? "pelajaran agar nantinya bisa menterjemah Al-Qur'an". Maka Anda akan dibimbing dan diajarkan tentang kaidah-kaidah menterjemahkan Al-Qur'an. Simpel, anda tidak perlu melebar membahas seluruh bahasa Arab, cukup hal-hal yang berhubungan dengan menterjemahkan Al-Qur'an.

Baca juga: Tujuan belajar bahasa Arab (Belum adaTullisan tentang "tujuan belajar bahasa Arab" in sya Allah segera menyusul)

#Tentukan sumber belajar bahasa Arab
Setelah mengetahui jelas tujuan belajar bahasa Arab, selanjutnya, tentukan sumber belajar bahasa Arab. Sumber belajar bahasa Arab bisa orang, buku, atau sumber lainnya. Jika memilih sumber belajar orang, kita bisa memilih orang Arab Asli atau orang Indonesia yang bisa dan memahami bahasa Arab, pilihan yang kedua rasanya yang lebih mudah didapat.

Secara khusus, sumber belajar bahasa Arab termasuk ke dalam materi pembelajaran bahasa Arab pada jurusan bahasa Arab. Sumber belajarbahasa Arab bisa dengan mudah kita dapatkan. Namun, pemanfaatan sumber belajar bahasa Arab tersebut masih banyak yang belum sesuai, sehingga kerap terjadi tidak efektif dan juga tidak efisien dalam memanfaatkan sumber belajar bahasa Arab tersebut.

Bagi kita yang ingin belajar bahasa Arab, gunakanlah sumber belajar bahasa Arab semaksimal mungkin, sesuai dengan kebutuhan kita belajar bahasa Arab.

Baca juga: Sumber belajar bahasa Arab 

#Belajarlah dengan bertahap
Mempelajari bahasa Arab, atau mempelajari apapun itu, harus bertahap. Kuasai satu dulu materi bahasa Arab, kemudian pindah ke materi berikutnya.

Terkadang, kita menginginkan sesuatu yang instan, menghasilkan sesuatu dengan cepat. Hal ini tidak berlaku dalam mempelajari bahasa Arab dan sebagian besar pelajaran lainnya. Pelajari mulai dari hal-hal sederhana tentang bahasa Arab, kuasai hal sederhana tersebut lalu beranjaklah kepada hal yang lebih rumit dari itu. Kalaupun ada metode cepat menguasai bahasa Arab, tetap saja harus bertahap dalam implementasinya.

#Praktikkan hal-hal yang telah dipelajari
Praktikkan apa saja yang telah dipelajari sebagai latihan untuk kita yang mempelajari bahasa Arab. Misal anda mempelajari nahwu, praktikkan dengan cara mengutak atik kalimat-kalimat bahasa Arab. Kalau anda mempelajari sharaf, praktikkan dengan cara men tashrifkan setiap kata yang anda jumpai. Jika kita belajar muhadatsah biasakan berbicara dengan kalimat-kalimat bahasa Arab yang sudah anda ketahui.

Praktik juga termasuk salah satu kunci tingkat keberhasilan kita dalam mempelajari bahasa Arab. Semakin sering kita mempraktikkan bahasa Arab maupun kaidahnya, maka tingkat keberhasilan dalam mempelajari bahasa Arab semakin tinggi.

#Sabar dan tekun
Sabar dan tekun adalah sebuah kata yang sangat sederhana memiliki arti yang sederhana, namun pelaksanaannya sangat-sangat membutuhkan kemauan yang kuat. Pelajarilah bahasa Arab dengan sabar dan tekun. Seperti apa yang saya sampaikan pada bagian sebelumnya "belajar bahasa Arab dengan bertahap", untuk melalui tahapan-tahapan tersebut tentunya memerlukan kesabaran dan ketekunan kita.

Sabar dimaksudkan agar kita tidak serta merta meminta hasil yang isntan. Sedangkan tekun dimaksudkan agar kita mau mepelajari bahasa Arab terus menerus samapi tujuan tercapai. Bahkan, apabila tujuan belajar bahasa Arab telah tercapai, tetaplah belajar bahasa Arab. Karena mencapai sesuatu lebih mudah daripada mempertahankannya.

#Iringi dengan Do'a
Terkadang kita menganggap remeh kekuatan Do'a. Dalam setiap perbuatan mestinya senantiasa di iringi dengan Do'a. Begitu juga dalam mepelajari bahasa Arab, selain harus berusaha dengan usaha maksimal, namun tak kalah penting dari itu, bedo'alah dengan do'a yang sebenar-benarnya mengharapkan pertolongan dari Allah untuk dipandaikannya kita dalam belajar dan dimudahkannya dalam proses belajar. Bukankah Allah telah mengajarkan do'a kepada kita "Rabbi jidni 'ilman warzukni fahman" Ya Allah, tambahkanlah ilmu pada saya, dan berilah aku pemahaman". Maka iringilah perbuatan dan usaha kita dengan do'a.

Barangkali, dari saya hanya beberapa tips dan triks di atas. Mungkin para sahabat lainnya punya tips dan triks lainnya. Silahkan di realisasikan tips dan triks tersebut, dan coba bagikan pada yang lainnya.

Terakhir #Belajar dengan cara mengajarkan
Hal yang tak kalah penting dalam belajar bahasa Arab adalah ajarkan ilmu-ilmu yang sudah kita dapatkan tentang bahasa Arab. Dengan begitu kita akan senantiasa mempelajari bahasa Arab. 

Dengan mengajarkan bahasa Arab, kita akan selalu dihadapkan dengan permasalahan-permasalahan baru yang ditanyakan oleh orang yang kita ajarkan. Jika kita mampu menjawab permasalahan tersebut, kita sudah mengalami proses penguatan pengetahuan yang kita miliki. Sedangkan apabila kita tidak bisa menjawab permasalahan tersebut, jangan malu untuk mengakuinya dan kita dapat mempelajarinya lebih lanjut tentang permasalahan bahasa Arab yang ternyata belum kita ketahui.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips dan Triks Belajar Bahasa Arab"

Post a Comment