Metode Pengontrolan Bahasa (Language Control Method)

PENJELASAN
      Metode Pengontrolan Bahasa merupakan suatu metode dalam pembelajaran bahasa Arab. Metode ini bisa menjadi pilihan bagi anda dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan mufradat (kosakata). Metode ini terpokus kepada penyajian mufradat-mufradat secara langsung, atau dapat melalui struktur kalimat sederhana, atau bahkan melalui syair-syair yang membantu pengembangan siswa dalam hal kemampuan mereka menggunakan mufradat.

"Metode Pengontrolan Bahasa (Language Control Method) adalahpenyajian pelajaran dengan cara mengajarkan kosakata sebanyak-banyaknya, struktur-struktur kalimat dan istilah-istilah tertentu yang bersahaja (metode penyederhanaan). | Ahmad Izzan (Hal.109) 

       Saya lebih suka menyebut Pengontrolan Bahasa (Language Control) ini sebagai sebagai strategi dalam pembelajaran mufradat. Tapi saya bukan penggagas metode ini, jadi mari kita simak uraiannya lebih lanjut lagi.

PROSEDUR
  1. Siapkan kata dan struktur kalimat yang ingin anda ajarkan kepada siswa. Batasi kata tersebut, apakah anda ingin mengajarkan mufradat berupa kata kerja dalam kelas? maka anda harus menyiapkan kata kerja yang ada dalam kelas saja. Apabila hendak mengajarkan mufradat kata benda dalam kelas! maka anda harus menyiapkan kata benda dalam kelas saja. Sebaiknya anda mengajarkan kata kerja dan kata benda sekaligus dengan jumlah berbeda, misal, 1-5 (satu kata kerja dengan lima kata benda). Atau 3-9 (tiga kata benda per satu kata kerja sekaligus).
  2. Demonstrasikan kata yang telah anda siapkan dengan memaparkan perbedaan kata yang akan diajarkan, apakah kata kerja dan kata benda? Atau jenis kata lainnya, bila perlu paparkan lagi sekilas tentang tanda-tanda kata kerja atau kata benda (kalau tanda-tanda kata kerja dan kata benda sudah diajarkan sebelumnya).
  3. Gunakan kedua kata tersebut kedalam struktur kalimat yang telah anda sediakan.
  4. Tukar salah satu kata dan jangan di ubah kata lainnya. Misal saya contohkan dengan bahasa Indonesia: Anda ingin mengajarkan kata 1-5 (satu kata kerja dengan lima kata benda) seperti berikut:
    - Andi minum jus
    - Andi minum Kopi
    - Andi minum Teh
    - Andi minum es
    - Andi minum susu
    Jadi anak sudah dapat satu kata kerja (mudari' atau madhi) yaitu minum, dan anak dapat lima kata benda yaitu jus, Kopi, Teh, es, susu. Siswa juga mendapat satu struktur kalimat. 
  5. Ulangi seperlunya.
VARIASI
  • Anda bisa menambah atau mengurangi mufradat sesuai dengan keadaan kelas.
  • Anda juga dapat memakai lebih dari satu struktur kalimat jika Anda mau dan bisa mengefektifkan waktu.
      Nah, demikianlah gambaran sedikit tentang Language Control . Saya ingin berpesan bahwa teori Language Control ini sangat minim. Kita akan mendapatkan bahasa yang hampir semuanya sama dari beberapa literatur yang berbeda. Tulisan ini hanya sebagai pendapat atau pandangan Saya terhadap Language Control tersebut. Saya senang bila bertemu dengan penggagas awal Language Control ini. Saya ingin tau lebih banyak lagi tentang metode ini. 

Atau jika anda memiliki buku yang membahas tentang Language Control. Saya mau membelinya, tapi dengan harga yang sesuai dengan kantong saya ya! dan tentunya buku yang belum ada dengan saya. Buku yang saya miliki ada di reference blog ini (paling bawah). 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Metode Pengontrolan Bahasa (Language Control Method)"

Post a Comment