Jenis-jenis Program Parenting

"Dan orang-orang yang berkata: "Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa". Qs. Al-Furqan : 74

Ayat diatas merupakan sebuah cita-cita seorang suami, atau pemimpin sebuah keluarga yang mengharapkan ampunan dari Allah. Taqwa merupakan tolak ukur tinggi atau rendahnya derajat seseorang di sisi Allah. Maka taqwalah yang menjadi tolak ukur pendidikan Muslim yang beriman.

Dalam usaha pengembangan anak menuju ketaqwaan, setidaknya kita menyiapkan program yang tentunya tidak menyimpang dari apa yang telah ditetapkan oleh Allah dan Rasulnya. Mengenai pendidikan anak, Allah telah menunjukan contoh dari Nabi kita Yusuf.as, yaitu menanamkan nilai-nilai aqidah yang benar sesuai dengan Al-Qur'an. Tentu dalam proses pengembangannya, anak harus mendapatkan pendidikan yang disengaja, baik secara formal, informal maupun nonformal. Maka setiap orang harus memahami, bahwa dirinya sedang mendidik anaknya, mendidik generasi di sekitarnya. Setiap orang harus sadar bahwa mereka sedang mendidik bagaiman menjalani kehidupan. Jika setiap orang sadar akan hal ini, tentu akan kita dapati orang tersebut akan memikirkan setiap sikap dan tingkah laku kesehariannya.

Sekarang sedang kita lihat antusiasme para orang tua mendidik anaknya dilembaga-lembaga formal. Sebagai lembaga formal, setidaknya ada beberapa program yang dapat diaplikasikan dalam proses pengembangan anak secara formal. Program tersebut adalah:
  1. Parents Gathering
    Parents Gathering adalah pertemuan orang tua dengan pihak atau lembaga parenting seperti PAUD, TK, SD dan sebagainya. Pertemuan ini dilakukan secara khusus untuk membicarakan tentang beberapa hal mengenai penambahan kemampuan anak atau yang berhubungan dengan tumbuh kembang anak.
  2. Fondation Class
    Fondation kelas adalah pembelajaran bersama anak dengan orang tua diawal masuk sekolah dalam rangka orientasi  dan pengenalan kegiatan sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan pada awal-awal masuk sekolah.
  3. Seminar
    Seminar dilakukan dengan cara mendatangkan para ahli parenting atau orang-orang yang kompeten dibidang parenting.
  4. Concultation Day
    Concultation Day yaitu hari dimana orang tua dapat mengkonsultasikan permasalahan-permasalahan seputar perkembangan anak. Kegiatan ini bisa diadakan oleh lembaga formal.
  5. Field Trip
    Field Trip adalah darmawisata, kunjungan wisata atau kunjungan-kunjungan yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran.
  6. Home Activities
    Adalah aktivitas di rumah dibawa ke sekolah. Seperti misalnya membawa orang tua menginap di sekolah dengan cara memasang tenda di sekolah jika pihak sekolah tidak mampu menyediakan tempat menginap ataupun sejenisnya.
  7. Coockong on the Spot
    Coocking on the spot adalah anak-anak belajar masakan, menyajikan makanan dengan bimbingan guru bersama orang tua.
  8. Bazar Day
    Bazar day adalah kegiatan dimana siswa menampilkan karya-karyanya pada orang tua atau umum, dan menjualnya jika perlu.
  9. Mini Zoo
    Mini zoo, dimana anak-anak membawa hewan-hewan peliharaan di rumahnya ke sekolah. Ini dilakukan jika memungkinkan.
      
  10. Home Education Video
    Home education video, yaitu mengirimkan rekaman proses pembelajaran kepada orang tua berbentuk CD/DVD agar orang tua dapat melihat proses pembelajaran anaknya.
Kegiatan-kegiatan di atas dapat dilakukan dalam proses pendidikan anak. Tentunya kegiatan tersebut harus direncanakan dengan matang, agar kegiatan tersebut efektif dan efisien dalam proses pengembangan pola fikir, kepribadian ataupun sikap anak. Tentu kita tidak melupakan kemana arah pendidikan anak tersebut. Pilihlah salah satu program yang sesuai dengan tujuan pendidikan anak anda.

Note:
Gambar diambil dari situs alquranclasses

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jenis-jenis Program Parenting"

Post a Comment