Stuktur Kalimat Dasar dalam Bahasa Arab

 

Bahasa terdiri dari kata yang dipadukan menjadi sebuah kalimat, keduanya (kata dan kalimat) menjadi alat komunikasi yang difahami antar manusia. Meski demikian beberapa manusia tidak dapat memahami bahasa manusia lainnya karena jenis bahasa yang berbeda. Maka dari itu, mempelajari bahasa kedua (bukan bahasa asli kita) sangat penting. Dengan mempelajari bahasa asing, kita dapat membangun komunikasi lebih baik dengan orang lain yang memiliki bahasa berbeda dengan kita. Bahasa Arab adalah salah satu bahasa asing yang penting untuk dipelajari. 

Seperti halnya bahasa Indonesia yang memiliki struktur kalimat yang kita kenal dengan S,P,O,K ( Sabjek, Prediket, Objek dan Keterangan). Bahasa Arab juga memiliki struktur kalimat yang tidak jauh berbeda dengan bahasa Indonesia. Tentunya, karena bahasa Arab adalah bahasa asing, tentu harus membulatkan tekad untuk berusaha mempelajarinya, karena sudah umum kita ketahui, mempelajari bahasa kedua agak sedikit sulit, tetapi dengan usaha sungguh-sungguh, anda akan bisa menguasainya, bahkan apapun jenis pelajarannya. 


Nah, kali ini saya akan membahasa Struktur kalimat yang paling dasar dalam bahasa Arab. Sebelumnya, kita ingat kembali bahwa bahasa Arab "Kalimat" adalah "Jumlah
" (جُمْلَة).

Sedikitnya, ada dua bentuk bentuk struktur kalimat dasar dalam bahasa Arab, yaitu:

1. Jumlah fi'liyah ( kalimat yang mengandung kata kerja (fi'il))

Pola struktur jumlahnya yaitu: fi'il + fa'il (Kata kerja + pelaku)
Contoh : كَتَبَ عَلِي
artinya : Ali telah menulis
كَتَبَ sebagai fi'il
عَلِي sebagai fa'il

2. Jumlah ismiyah ( Kalimat yang tersusun dari mubtada+khobar/ kalimat yang tersusun dari kata benda).

Pola struktur jumlahnya yaitu: mubtada' + khabar
contoh :
 اَلْكِتَابُ مُفِيْدٌ 
artinya : buku itu berguna
اَلْكِتَابُ Sebagai muftada'
مُفِيْدٌ Sebagai Khabar

Demikianlah penjelasan singkat struktur kalimat (jumlah) dasar dalam bahasa Arab. Untuk dapat benar-benar memahami dan menerpkan jumlah tentunya kita harus memahami apa itu fi'il?, apa itu fa'il?, juga apa itu mubtada' dan khabar? Saya yakin anda sudah mengetahui tentang beberapa hal tersebut, namun ada baiknya baca-baca lagi tentang fi'il dan fa'il, juga mubtada' dan khabar.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Stuktur Kalimat Dasar dalam Bahasa Arab"

Post a Comment